Cleansing negative energy and purification positive energy in bali


Bali memang memliki sejuta pesona untuk memikat wisatawan selalu datang ke bali. Mereka yang datang ke bali, saat ini tidak hanya sebatas wisata berkunjung ke objek wisata seperti pantai, club, air terjun dan lain-lain. Tapi mereka juga datang untuk tujuan spiritual. Bahkan ada yang special datang ke Bali khusus untuk melakukan perjalanan spiritual. Tidak heran sehingga objek-objek spiritual yang dulunya hanya dipadati penduduk lokal (balinese) kini sudah mulai dipadati oleh wisatwan asing.
kali ini yuk kita intip perjalanan wisatawan spiritual di bali. Yang melakukan pembersihan dan pemurnian energi tubuh dan jiwa mereka melalui jalur pembersihan di sumber-sumber air suci (penglukatan)

  1. Tirta Empul Tampak siring. tempat ini berlokasi di desa manukaya tampaksiring kabupaten Gianyar. Bagi yang ingin melaksanakan penglukatan di tempat ini, cukup membawa 1 pejati dan minimal 10 canang sari. tiket masuk tidak dikenakan. parkir 2k motor dan 5k mobil. Sewa loker untuk pakian 10k. bagi yang tidak mengenakan pakian adata bali, akan diminta kontribusi penyewaan kamben, dan selendang sebesar 10k. Kalau kalian belum tahu tata cara melakukan penglukatan, bisa ditanyakan pada penjaga disana.
  2. Penglukatan Sebatu. berlokasi di desa Sebatu Tegalalang Kabupaten Gianyar. untuk yang ingin melukat kesini siapkan tenaga kalian, karena akan menuruni anak tangga sekitar 200an. Untuk upakara penglukatan siapkan 1 pejati. minimal 10 canang sari, kuangen dengan sari 11 pis bolong dimana kuangen ini akan kalian bawa saat melakukan penglukatan, dan dilepas saat melukat di airnya.
  3. Pura Tirta Sudamala. Berlokasi di desa sedit bebalang. kabupaten bangli. Petirtaan ini memiliki ciri pancuran yang tinggi. untuk masuk ke lokasi penglukatan lumayan masuk ke dalam. untuk parkir 5k. Bawalah 1 pejati dan canang sari. Dari Parkiran kalian akan menuruni beberapa anak tangga. 
  4. Taman mumbul pancoran solas. berlokasi di Abiansemal Badung. Tempatnya masih asri dan adem, untuk masuk kesini gratis. Bayar parkir 2k motor 5k mobil. penglukatan Taman mumbul dinamai pancoran solas karena memiliki 11 pancoran. yang terdiri dari pancoran dewi gangga, dewi Saraswati dan dewata nawa sanga. ditempat ini  selain ada tempat penglukatan ada pula disamping kolam besar seperti danau, yang membuat pemandangan di taman mumbul semakin indah.
  5. Pura Pancoran Sapta Gangga Tamba Waras. Berlokasi di Desa Sangketan kecamatan Penebel Kabupaten Tabanan. bagi yang ingin melukat kesini bawalah 1 pejati, bungkak nyuh gading (kelapa muda kuning) dan beberapa canang. Proses melukatnya; mulai dari melukat di 7 pancoran lalu nunas tirta bungka (dikumur, diminum dan diraup) jro mangku stanby setiap hari. Reviews buruk mengenai ruang ganti dan toiletnya. kurang terurus. untuk pemandangan tempat ini dipenuhi spot photo-photo yang bagus. 
Itulah tempat penglukatan yang populer, dikalangan wisatawan domestik dan asing. dan juga masih aktiv digunakan oleh masyarakat bali untuk melaksakan penglukatan. besok. kita bahas tempat penglukatan sakral di bali.
*** menyediakan rumah dan design rumah di bali
minat cukup klik tombol kontak di bawah