LOKIYA SAMMA DITTHI ; PEMAHAMAN BENAR TENTANG KARMAPALA

Kebenaran adalah mutlak harus dipegang sebagai satya oleh manusia yang memahami dirinya sebagai seorang yang memahami dirinya sedang hidup di dunia ini.

Dharma adalah langkah awal didalam melangkahkan kakinya sebelum memenuhi kebutuhan hidup lahiriah dan keinginan rohani lainnya, termasuk tujuan utamanya yakni mokshartam, sebagai sang purusha.

Kebenaran hidup di dunia ini yang mengarah pada pencapaian hidup yang penuh kesadaran dikenal dengan dengan istilah Lokiya Samma Ditthi. Ajaran ini menekankan pada dua hal yakni ;

Pemahaman yang benar terhadap tindakan ( karma ) dan hasilnya ( pak ), serta menumbuhkan keyakinan yang matang pada saat bertindak berdasarkan dharma yang dikenal " kammassa kàtà samma ditthi ". Keyakinan ini akan memberi ruang positif pada saat melakukan tindakan, karena pengetahuan ini mampu memberikan bayangan hasilnya.

Pemahaman tentang bagaimana mencapai tingkatan sebagai mahajhanna yakni manusia dengan kualitas bathin yang sempurna yang dikenal " mahajhanna samma ditthi ". Pengetahuan ini akan memberi gambaran bagaimana sesungguhnya menjadi sosok yang berkualitas mahajhanna, sehingga apapun yang kita lakukan saat ini tetap mengarah pada proses pencapaian mahajhanna.
Pemahaman benar pada mahajhanna ini akan memberikan kebijaksanaan hidup yang bersumber pada segala tindakan diperoleh dengan terlebih dahulu melaksanakan keterhubungan dengan zat-zat materi halus yang dikenal dengan sumber hidup keDewataan dan terkontrol selalu pada sumbernya dengan jnanayoga.

Kedua pemahaman ini akan mengarahkan seluruh penekunnya untuk selalu mengamati segala aspek yang berkaitan dengan dharma dan karmapala. Baik dharma maupun karmapala harus melandasi tindakannya sebagai landasan pemahaman benarnya terhadap segala tindakannya hidup di dunia.

Tidak ada orang suci, seorang penekun, bahkan sulinggih sekalipun tidak bisa luput dari konsep lokiya samma ditthi ini, karena tanpa pemahaman yang benar terhadap profesi yang sedang dijalankan pastilah akan ada tumpang tindih ketika melakukan kegiatan apapun sebagai aplikasi ajarannya.

Hal lain yang juga perlu difahami sebagai pendukung lokiya samma ditthi ini meliputi ; pemikiran benar, ucapan yang benar, usaha hidup yang benar, konsentrasi yang benar, sampai pada penyadaran yang benar tentang kehidupan jasmani dan rohani.

Demikianlah sedikit pesan yang selalu saya dengar setiap melakukan keterhubungan dengan sumber pengetahuan sejati sebagai pengetahuan kasiwabuddhaan dari para nabe dan penekun senior sebagai aplikasi ajaran vajrajnana.

Ong Vajradhaka Ah Hung.