HOMA ADALAH WUJUD PECANDHIAN DARI SASTRA KUNO " ROGA SENGARA BUMHI "


Sastra dan kesusastraan adalah wujud dari aktifitas para pujangga atau pengawi pada jaman kejaman. Tingginya peradaban dan kebudayaan yang bisa dijadikan mercusuar  idealisme oleh pengawi karena tersedianya ruang nyastra bagi para penulis yang menjadikan sebuah publikasi yang tidak tertandingi. 

Perkembangan sebuah tradisi dari sebuah ajaran kuno seperti HOMA adalah sebuah ritual yang memiliki kualitas supra dalam pembangkitan energi alam semesta termasuk pembangkitan energi diri manusia yang sangat murni. 

Semua penjelasan tentang penggalian homa dapat digali pada karya sastra lontar 'roga sengara bhumi' yakni ketika kehidupan alam semesta mulai tidak kondusif bahkan kekacaubalauan energi akibat ulah manusia pintar yang tidak punya mahkota pengetahuan yakni kasunyataan, maka homa dapat menetralisir bahkan air suci yang dipetik dari inti sari api homa [ pavitra ] dapat dijadikan tirta pamurnian alam semesta dan tubuh manusia.

Hancurnya peradaban masyarakat tertentu juga akibat dari dibelokannya atau diputar balikkan fakta tulisan aslinya. Apalagi masyarakatnya yang tidak memiliki kesadaran akan sastra dan kesusastraan. Generasi muda dengan mudah disusupi dan diarahkan pada kiblat salah terhadap latar belakang para leluhurnya.

Generasi muda hanya mampu mewarisi tanpa mengerti makna dan filosophy dari tradisi yang diwarisinya.

Homa adalah wujud dari monumen sastra dari seorang pujangga [ mahakawi ] 

didalam menunjukan eksistensi tulisan-tulisannya [ yantra ]. Homa adalah wujud dari sifat dan prilaku spiritual dari para lelakunya [ tantra ]. Homa adalah simbul suara verbal atau alunan linguistik dari para manggala bhiravanya [ dharani-mantra ].

Homa adalah citta 

adalah wujud realitas dari keinginan tersembunyi seorang mahakawi yang malu-malu mengungkapkan secara nyata. Keinginan tersembunyi bukan berarti pengecut yang ketakutan, tetapi beliau hanyalah seseorang yang memang menggunakan energi linguistik [ sastra ] dalam perjuangannya hidup dialam semesta.

"Homa Vajradhaka

adalah seni atau tradisi didalam permainan yantra seorang praktisi vajrajnana didalam memperjuangkan haknya bermasyarakat yakni mengembangkan model jnana atau pengetahuan yang menitikberatkan pada ajaran moralitas diatas dualitas baik-buruk dan kemampuan mengetahui rahasia kehidupan alam semesta. 

Rahayu || Om Vajra Na Ya Hum