Most popular temple in Bali

Pura terkenal di bali

Ketika kita datang dan merencakan untuk mengexplore Bali, maka segala hal yang ada di Bali tentunya wajib untuk kita kunjungi, apalagi yang rame dikunjungi wisatawan. Itu wajib banget bagi kita sebagai seorang traveller sejati. Kali ini aku merencakan akan mengunjungi Pura-pura yang ada di Bali, yang ramai dikunjungi wisatwan domestik, lokal dan mancanegara.
Saya rencanakan 3 hari untuk mengunjungi ke beberapa pura yang rame dikunjungi wisatawan tersebut, mulai dari deket bandara lalu sampai ke bali utara.
mari langsung saja kita berangkat

Pura Uluwatu

Terletak di Pecatu Badung, pura uluwatu memiliki keistimewaan yakni berdiri di atas tebing tinggi berbatasan langsung dengan samudra hindia. Dari pura uluwatu pengunjung dapat melihat indahnya birunya laut yang terhampar didepan mata yang berkolaborasi dengan indahnya tebing-tebing tinggi yang berdiri kokoh sepanjang batas mata memandang. Untuk kamu yang ingin kesini tidak usah kawatir dengan akses menuju Pura Uluwatu. kita bisa menggunakan mobil dan motor, untuk group pun bisa membawa bus. Ada yang perlu kamu tahu, di sepanjang areal pura akan ada monyet liar, selalu perhatikan barang bawaanmu, jangan mengusik perhatiannya, kalau sudah terusik, mereka akan menghampiri barang-barang kalian. selalu fokus melihat jalan, biarkan mereka berkeliaran. Untuk biaya tiketnya 20k dewasa dan 10k anak-anak harga domestik. Bagi kamu yang suka nonton tari kecak bisa memesan tiket disana sebesar 100k, saran nih, sebaiknya pesan online tiketnya karena sering sold out tiketnya. Yang membuat menarik menonton tari kecaknya adalah adanya interaksi dengan penonton, dan sambil nonton kecak kita bisa lihat indahnya sunset.
photo by: tripadvisor.com

Pura Tanah Lot.

Pura tanah lot terletak di kabupaten Tabanan, tepatnya di desa Braban. Lokasi pura ini sangat mudah untuk dijangkau, parkiran luas dan pasilitas lengkap juga sama seperti di Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot juga berdiri di pinggir atau bsia dibilang sedikit masuk ke dalam laut. Saat air pasang maka pura ini akan percis berada di tengah lautan. Pemandangan di Pura ini tidak bisa diragukan lagi. Jujur, sejak kecil pertama kali saya di ajak plesiran waktu sekolah SD tempat ini sudah menjadi tempat pavorit saya. di areal Pura ini juga terdapat taman, tebing dan pula pentas tari kecak. Ditempat ini juga terdapat ular belang dipercaya sebagai penunggu pura. Disini juga kamu bisa dilukat denganair suci yang berada tepat di bawah pura Tanah Lot, Agama apapun boleh ikut. Untuk kamu yang ingin datang pas air surut, sebaiknya datang pas bulan Purnama. Harga tiket masuknya 20k domestik, anak-anak tidak dihitung. dan untuk kamu yang ingin menikmati indahnya sunset ditemani tarian kecak kamu cukup nambah lagi 100k

Pura Pulaki

. Terletak di sebalah utara pulau Bali. Pura ini juga berada dekat dengan pantai, namun tidak tepat di bibir pantai seperti tanah lot dan uluwatu. Pura Pulaki memiliki keindahan yang patut untuk dikunjungi, arsitekture pura yang indah dan hamparan laut didepannya membuat indahnya tampilan pura ini. Di Pura Pulaki banyak berkeliaran monyet yang lumayan nakal. Tips, jangan pernah menjinjing sesuatu yang menarik perhatian mereka, karena kalau dilihat langsung diambil. aku sempat tarik-tarikan dengan monyetnya, berebut canang yang aku bawa, akhirnya aku kalah. untuk bisa berkunjung dan berpoto di beberapa spot di sekitar pura tidak ada pungutan biaya apapun, ingat jaga kebersihan ya. Untuk fasilitas pariwisata tidak ada ditempat ini, jadi kalau kita berkunjung kesini cuma untuk melihat indahnya pura Pulaki saja dan mengambil sediikit gambar, ingat monyetnya ya. selalu lihat sekeliling sebelum mulai jepret. 

Pura Ulun Danu Beratan

. Dari pura Pulaki kita kembali keselatan menuju Tabanan, yaitu ke pura Ulun Danu Beratan, tepat berdiri di pinggir danau beatan. Pura Ulun Danu Beratan adalah pura yang sudah lengkap fasilitas wisatanya. untuk kamu yang berkunjung ke Pura Ulun Danu Beratan, selain menikmati indahnya pemnadangan pura yang ada di pinggir danau, kamu juga disuguhkan dengan pemandangan taman, bermain di danau beratan, dan beberapa spot poto menarik lainnya. Oya sekedar info tambahan, pas turun dari pura Pulaki menuju Pura Ulun Danu Beratan aku saranin singgah di Wanagiri Hidden Hill dan Handara Gate pasti auto penuh memori kalian. Pernah lihat gambar pura di uang 50ribuan kan, nah itulah namanya pura Ulun Danu Beratan. Harga tiket masuknya 20k untuk domestik. dan untuk anak di bawah umur (balita) free.
photo by: au.hotels.com

Pura Taman Ayun

. Pura taman ayun terletak di kabupaten badung, kecamatan mengwi. Saat sampai di parkiran Pura Taman Ayun, kita akan melihat sebuah kolam ikan yang lumayan besar yang mengitari Pura, lalu setelah masuk ada taman hijau, tempat wisatawan duduk santai dan ngobrol dengan rekan ataupun keluarga, lalu masuk lagi kedalam akan ada sebuah pura besar pemndangannya sangat indah, rugi kalau tidak diabadikan oleh hasil jepretan langsung dari tangan kita. berjejer bebrapa bangunan meru bertingkat yang membuat eksotisnya pemandangan pura. Untuk pengunjung tidak boleh masuk ke dalam pura, hanya boleh melihat dari luar pura. Untuk tiket masuknya 15k bagi domestik.

Batuan Temple

. Pura ini berlokasi di Batuan Sukawati. Pura ini selalu rame dikunjungi wisatawan Asing terutama yang rombongan dan paketan. Untuk yang suka sendirian sebaiknya datang lebih pagi berkunjung kesini, jadi gak begitu rame oleh wisatawan, bisa ambil gambarnya bersih, tidak dihalangi oleh manusia yang berjubel. Untuk tiket masuknya 10k. berkunjung kepura ini bisa di bilang untuk melihat gambaran tampilan pura yang ada di masing-masing desa adat di bali. 

Pura Tirta empul Tampak Siring

. Untuk kamu yang ingin berkunjung kesini, bisa menyiapkan pakian ganti, pasalnya ditempat ini kita bisa masuk kekolam pemandian, banyak wisatwan berbaur dengan penduduk lokal ikut nyemplung ke kolam pemandian, tidak membedakan agama mu, siapapun boleh nyemplung. Selain berendam di air yang murni langsung dari tanah yang sangat seger dan bersih, kita juga bisa melakukan doa-doa yang berkaitan dengan pembersihan rohani kita. Di beberapa pancoran ada pembersihan untuk menghilangkan akibat dari mimpi buruk, yang berposisi paling ujung,.Ada pula dua pancoran yang tidak bisa kalian pakai untuk dimandikan langsung dari pancoran, hanya diperuntukkan untuk orang yang meninggal, dan satunya lagi untuk air suci buat bangunan. Banyak spot poto menarik di area pura ini. candi bentarnya, pemandiannya, puranya, pelataran puranya, tamannya, dan sebelah barat ada juga istana presidennya. pokonya bikin full memori lah. Tiket masuknya 30k dan untuk kamu yang ingin masuk berendam ke kolam pemandian yang super seger itu, bayar loker 10k. kamar mandi agak sedikit, jadi giliran ya ganti pakiannya. Saran, Jangan datang pas hari libur (sabtu dan minggu), Purnama, Tilem, dan hari raya. Karena hari-hari yang saya sebutkan tadi pengunjung membludak 10x lipat dari hari biasa. Kalau gak ada pilihan, siapkan diri untuk mengular di dalam kolam pemandian.
photo by: balimagictour.com

Pura Lempuyang

. Siapa yang tidak tahu pura lempuyang, benar-benar lagi ngehits candi bentarnya, yang disebut-sebut sebagai heaven gate (pintu gerbang surga). Memang pemandangan di candi bentar ini sangat memukau, dengan latar belakang Gunung Agung, dan hembusan awan di bawahnya, membuat kita serasa ada diatas awan. Apalagi menjelang sore, wow.. langit agak kemerahan, gunung yang jelas, suasana dingin, pasti mantap. Cuma turunnya jadi agak gelap. Untuk sampai di atas (gate yang populer itu) butuh perjuangan menaiki anak tangga ribuan, belum lagi turunnya. diperjalanan kita juga akan bertemu banyak saudara (monyet). Tiket masuk adalah donasi sukarela, dan sewa sarung 10k. Tapi antriannya super rame, untuk dapat berpose di candi bentarnya. Kalau sudah sampai diatas, ya mau gak mau ikut ngantre lah, rugi kalau gak berpose di gate ini kalau sudah susah payah naik.

Pura Besakih.

Merupakan pura terbesar yang ada di Bali. Dilingkungan pura besakih sendiri ada lebih dari 33 pura. Untuk wisatwan yang datang kesini, bisa mengexplore pura besakih dari bawah sampai atas di pura gelap, kalau mau keatas juga boleh sambil mendaki. untuk spot poto jelas sangat banyak secara pura ini sangat luas. Saat sampai pertama di depan pintu gerbang pertama, kamera kalian pasti sudah ingin beraksi melihat indahnya deretan anak tangga yang diatasnya berdiri candi bentar yang super instagram banget. stelah naik ke atas dan terus ke atas sampai di pura Gelap, kalian bisa melihat indahnya hamparan hijau pulau bali selatan dari ketinggian yang lumayan. Untuk tiket masuknya 30k sudah mendapatkan sarung.
photo by: travelonline.com
Catatan, aturan untuk memasuki pura adalah:
  • memakai sarung
  • tidak dalam masa menstruasi/ datang bulan
  • tidak dalam masa kesedihan 
  • berbuat, berpikir dan berkata sopan
Tips; kalau punya sarung bisa kalian bawa dari rumah
untuk semua objek tadi akan dikenakan biaya parkir.
Keyword terkait
uluwatu, bali uluwatu, uluwatu temple, temple uluwatu, pura uluwatu, uluwatu bali, pura luhur uluwatu.
tanah lot, tanah lot bali, tanah lot temple, pura tanah lot, tanah lot pura.
pura melanting singaraja, pura pemuteran kabupaten buleleng, sejarah pura pulaki, pulaki bali.