Penipuan atas nama shopee pay


tutlencBlog - hari ini saya berbagi hal yang berbeda dari biasanya.

Penipuan atas nama shopee lewat wa

Maraknya kejadian penipuan yang terjadi perlu diwaspadai agar tidak menimpa siapapun.

Cara melalukan penipuan lewat aplikasi shopee

Saya ingin sedikit cerita tentang aksi penipuan yang saya alami, pelaku mengatasnamakan shopee, dan dilakukan lewat aplikasi shopee sehingga terlihat meyakinkan. Tepatnya lewat menu "saya" lalu "template pesan". Bagi yang tidak begitu memahami seperti saya bisa saja menganggap bahwa template pesan itu dari pihak shopee. Namun perlu kamu ketahui, template pesan tersebut seperti settingan jawab otomatis yang kita berikan kepada pelanggan kita saat mengajukan pertanyaan.

Tindakan untuk pencegahan penipuan

Mungkin ada yang bertanya saya tuliskan tips pencegahan namun kenapa tetap kena juga. Jawabnya karena saya belajar dari pengalaman 😁

  1. Jika kamu di telpon menggunakan nomor yang tidak lazim jangan pernah di angkat
  2. Jika si penelepon menggunakan wa, lakukan video call
  3. Jika terjadi permintaan code OTP jangan pernah diberikan kepada siapapun (walaupun misal username dan password kamu ke hack, selama kode OTP tidak dimiliki. Maka uang kamu aman. Karena OTP itu direct ke Nomor yang terdaftar saja, tidak mungkin ganda)

Jika Terlanjur tertipu

  1. Hubungi pihak yang berkaitan: bank, pihak aplikasi dll
  2. Tetap tenang, agar rencana penanggulangan dapat kita temukan
  3. Jika uang ada kmungkinan bisa dikembalikan, lakukan permohonan dan pelaporan

Simak video berikut, sebagai gambaran proses aksi penipuan

Semoga dengan membagikan video ini bisa memberikan manfaat kepada pembaca dan pendengar


semoga apa yang saya tulis hari ini bermanfaat, dengan pengalaman saya ini semoga tidak ada lagi yang kena tipu.