Alternatif pelabuhan Wisata ke pulau Nusa penida


Nusa penida menyimpan segudang wisata religius didalamnya, Pulau nusa penida terletak di kabupaten klungkung. Tidak sedikit masyarakat Bali melakukan wisata spiritual ke pulau di sebelah tenggara Pulau Bali ini. Bahkan dahulu konon katanya kebanyakan orang pintar atau penekun spiritual atau Balian. Bahkan tidak hanya mereka yang datang dari Bali saja memohon Anugrah ke Pura-pura yang berada di Pulau Nusa Penida. Saat ini nusa penida sudah dikenal dunia internasional sebagai destinasi wisatawan domestik dan manca negara. Kali ini kita khusus membahas wisata spiritual ke Pulau Nusa Penida.
Bila masyarakat Bali akan mengahturkan bhakti atau melakukan wisata spiritual (tirta yatra) ke pulau nusa penida bisa melalui beberapa pelabuhan yang berada di Bali.
Brikut pelabuhan yang biasa masyarakat gunakan, bila hendak ke pulau nusa penida;

  1. pantai sanur. berlokasi di pantai sanur. untuk biaya tiket boat kisaran harga 60k-120k tergantung penyedia akomodasi. juga disediakan boat umum harga lebih murah, tapi kita harus pesen lebih awal biar tidak kehabisan tiket. Tidak memiliki dermaga, maka siapkan diri untuk berbasah-basahan. untuk parkir motor saat ini sudah tersedia luas disanur semenjak banyaknya wisatawan yang berkenjung ke lembongan dan nusa penida. tapi saya rekomend gunakan ojek online saja kesini kalau mau menginap di seberang pulau. lebih tenang rasanya. dalam sehari boat biasanya berangkat 2 kali. pagi sekitar jam 8.00-10.00 lalu siang sekitar jam 13.00-15.00. dari pengalaman rata-rata tiket sering habis kalau order langsung saat hari H. sebaiknya booking sebelum hari H. 
  2. pelabuhan banjar bias kusamba. Berlokasi di jl. Pasir Putih, Kusamba, dawan, Klungkung. tiket boat 50k dan memiliki dermaga temporari (ketika boat sampai, dermaga akan dipasang). memiliki parkiran khusus untuk menitipkan sepeda motor disebelah selatan sebelum masuk pelabuhan, bayarnya 5k untuk motor semalaman. saya rasa aman, sudah dua kali menitipkan sepeda motor disini. jadwal keberangkatan boat sama seperti disanur pagi sekitar jam 8.00-10.00 dan siang 13.00-15.00. dari pengalaman selalu tersedia tiket, mungkin karena masih tidak begitu yang melalui jalur ini, padahal menurutku dari sini lumayan dekat. 
  3. Pelabuhan Padang Bai. Dipelabuhan ini kita bisa menggunakan kapal roro. Jadi bagi yang tidak berani menggunakan boat, pelabuhan ini adalah pilihan satu-satunya ke nusa penida menggunakan kapal roro. Jadwal kebrangkatan kapal dari padang bai ke nusa penida ada dua route perhari (8.30-9.30) lalu (17.30-18.30). untuk tiket dewasa 25k anak-anak 20k. bagi yang ingin bawa kendaraan bayar tiket 10k untuk sepeda, 30k untuk sepeda motor, 250k untuk mobil. lengkapi surat-surat. kapasitas 180 orang, akan berangkat sesuai jadwal. mohon perhatikan waktu kalian ketika berangkat dari rumah. untuk parkir tersedia luas, bayar 5k-10k nginep. 
itulah beberapa pelabuhan yang sering digunakan masyarakat bali untuk menyebrang ke pulau nusa Penida.
*** menyediakan rumah dan design rumah di bali
minat cukup klik tombol kontak di bawah

setelah sampai di Nusa Penida, apabila tidak melalui padang bai, otomatis kita butuh kendaraan di Nusa Penida. Kalian tidak usah kawatir, Ketika sampai di pelabuhan-pelabuhan di Nusa Penida, sudah banyak yang menunggu kalian. dengan senyum dan ada juga yang judes merayu dan menawarkan jasa ataupun kendaraan mereka. Motor kisaran harga 50k-150k perhari dan mobil saya tidak pernah. seingat saya sekitar 300k-400k perhari. saran sebaiknya kalau mau kendarai sendiri, sewa motor saja, medan masih menantang disana.
setelah sampai yuk kita lanjutkan ke objek wisata spitual di Nusa Penida
atau ke objek wisata yang lagi ngehits di Nusa Penida.