Wisata dan Tirta Yatra Ke Nusa Penida



Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya di alternatif pelabuhan wisata ke nusa penida. Bahwa nusa penida menyimpan segudang objek wisata religius dalam sebuah pulau kecil di seberang tenggara pulau bali.
Sekarang setelah sampai dan sudah dapatkan kendaraan atau kendaraan sendiri, saatnya meluncur ke objek-objek wisata religius atau objek tirta yatra kita.
Sebaiknya apabila hendak bertirta yatra ke Nusa Penida minimal 2 hari. 2 hari itupun sebenarnya hanya cukup untuk wisata tirta yatra saja. kalau mau plus wisata liburan minimal 4 hari. Budjet menyesuaikan. Nanti pas kalian baca ini akan banyak iklan yang menawarkan kamarnya, silahkan cek langsung disana.
Sebelum meluncur, ini hanya pemetaan menurut saya saja, jika kalian ingin pemetaan yang berbeda silahkan saja, sesuaikan waktunya.
Oke mari meluncur.
  • Pura dalem Ped Nusa Penida
Dilingkungan pura dalem ped Nusa Penida terdapat 4 Pura yang akan kita kunjungi.

  1. Pura Segara. Terletak di dekat pantai nusa, yang berstana disini adalah Betara Baruna
  2. Pura Taman, adalah tempat melakukan persembahyangan kedua. Disini kita akan memohon penyucian diri
  3. Pura Penataran Ratu Gede Mecaling
  4. Palebahan Ratu Mas
dimasing-masing Pura kita menghaturkan Pejati, jadi kita disini sebaiknya membawa pejati 4 buah. Di pura ini biasanya umat yang melakukan perjalanan spiritual akan beristirahat, karena itu sering pura ini rame pada malam hari, karena menjadi tujuan terakhir. di pura dalem ped juga tersedia banyak toilet apabila kita hendak mandi sebelum atau sesudah sembahyang dari pura-pura yang lainnya.
  • Pura Puncak Mundi
Pura ini terletak di perbukitan, dan dilingkungan pura ini terdapat tiga pura. untuk mencapainya butuh sedikit perjuangan extra. karena selain posisinya agak tinggi kita juga akan berhadapan dengan jalan berlobang, nikung dan nanjak. mungkin naiknya gak begitu masalah, tapi turunnya menakutkan, salah rem bisa nyungsep.
  1. Pura Beji
  2. Pura Kerangkeng Besi
  3. Pura Puncak Mundi
Hati-hati membawa barang baik itu haturan maupun barang lainnya. Karena ada anjing dan monyet berkeliaran. pengalaman pribadi saya, satu pejati hancur dirusak anjing.
  • Pura Paluang
Pura Paluang di Nusa Penida lebih dikenal dengan sebutan Pura Mobil. karena terdapat dua pelinggih yang berbentuk Mobil. Mobil VW Beatle berplat KDo13 dan Mobil Jimmy berplat DK 28703 GL. Konon katanya atas pewisik dari Ratu Gede Sakti Hyang Mami yang meminta masyarakat membuat pelinggih tersebut. 

  • Pura Segara Kidul
Pura Segara kidul terletak di bawah tebing di selatan Nusa Penida, untuk mencapai lokasi ini medannya cukup extrim. setelah sampai ditujuan kita akan menuruni beberapa anak tangga hingga sampai di bawah di tepi pantai di bawah tebing. Disini Terdapat pelinggih Tri Murti (Wisnu; tirta sebagai pembersih karma masa lalu, Brahma; tirta pengurip karma, Siwa; tirta keabadian) juga terdapat pelinggih Kanjeng Nyi Roro Kidul sebagai dewi welas asih dan kebijaksanaan. terdapat sumber mata air dipura ini, dan termasuk ke dalam tirta asta gangga di Nusa Penida. Dimana saja kedelapan posisi lainnya; (prasi/toyapakeh sebagai tirta sanjiwani), (Crystalbay/Desa sakti sebagai tirta kamandalu), (Temeling sebagai tirta pawitra), (Tabuanan sebagai tirta maha pawitra), (Suwehan sebagai tirta pralina), (Peguyangan sebagai tirta pengurip).


  • Pura Batu Mas Kuning
Berlokasi disisi tenggara pulau Nusa Penida dan di bibir laut nusa penida. konon terdampar seekor ikan besar di pura tersebut, yang kemudiannya menyebabkan sering terjadi kerauhan pada warga. Semenjak kejadian itulah Didirikan Pura Payogan Bhatara Baruna Manunggal di Sang Hyang Tiga Sakti. Selain itu juga dibangun Pura Song Babuan, Pura Song Beten, Pura Taman. Jadi terdapat 4 pura di lingkungan Pura Batu Mas Kuning
itulah 6 pura yang menjadi objek tirta yatra kita kali ini.
dan ini adalah penjelasan mengenai pura Goa Giri Putri
*** menyediakan rumah dan design rumah di bali
minat cukup klik tombol kontak di bawah