Tempat melukat sakral sekaligus tempat Meditasi di Bali

tutlencBlog - Kemarin sudah berwisata spiritual ke beberapa tempat penglukatan di bali. Kita sebut saja itu perjalanan spiritual melukat part 1. Kali ini kita lanjutkan ke perjalanan spiritual melukat part dua. Tempat-tempat melukat di part dua ini suasananya lebih menonjolkan unsur magisnya dan sepertinya nyaman buat melakukan tapa yoga samadi.

Tempat melukat yang sakral di Bali

Bagi yang suka melakukan perjalanan spiritual sedikit menantang mungkin beberapa tempat ini akan menjadi pilihan di list utamanya.
ayo kita intip tempat ini dsini sebelum ketempat aslinya.
  1. Pura dalem batu pageh

    Berlokasi di desa kutuh, ungasan kabupaten Badung. pura ini terletak di pinggir pantai green bowl dibelakang bali cliff. tempat ini terlihat dari tampilannya sangat cocok untuk melakukan meditasi di tempat ini, satu posisinya ada di dalam goa kedua menghadap ke laut. Disini kalian akan menjumpai sejumlah monyet liar. Siapkan tenaga untuk mecapai lokasi pura, karena harus turun dulu, baru naik. Didalam areal pura ada pura Taman (haturkan sodaan atau pejati), Pelinggih Ida bhatara Tualen (Dua batang rokok), Pura kepandean (canang sari atau sodaan), Pura dalem batu Pageh yang terdiri dari beberapa pelinggih (Lingga Yoni Dewa Siwa, Pelinggih ida sesuhunan Ring Pura Dalem Batu pageh. Dan tempat melukat) Menghaturkan pejati. Siapkan juga beberapa canang minimal 12 buah.

  2. Pura Kereban Langit

    Berlokasi jl. Sading, Bnajar Pekandelan desa Sading kecamatan mengwi kabupaten Badung. Kita akan melewati pematangan sawah untuk sampai ke pura ini, mobil bisa masuk. letaknya di pinggir sungai  Upakara untuk melukat kesini Pejati jangkep dengan 20 tanding canang sari atau canang buratwangi 5 tanding. Pura ini juga bagus buat melakukan meditasi karena berlokasi didalam goa dan pinggir sungai.Terdapat 5 buah pancuran suci untuk melakukan penglukatan. terdapat sejumlah pelinggih penting seperti; Padma, Ratu Gede Lingsir, Ratu Ayu, Ratu Made, Ida bhatara Batu Bolong, dan Ida Ratu Gede Dalem Ped. Ada tempat air suci yang dinamakan Tirta Salaka. Selain untuk meditasi dan melukat tempat ini memohon keturunan. Bagi yang ingin datang selain hari suci sebaiknya hubungi Jro Mangku sebelum nangkil.



  3. Pura pajinengan Gunung tap sai

    Pura Ini Berada di kabupaten Karangasem kecamatan Rendang, desa pempatan banjar Puragae. Bagi yang ingin melukat kesini bawalah 25 tanding canang sari karena banyak pelinggih diseputaran pura ini. serta kelapa muda yang nantinya akan dimunum setelah disembahyangi. karena berlokasi dipegunungan jadi tempat ini sejuk, damai dan asri. Adapun Beberapa pelinggih di lingkungan pura Pajinengan Gunung Tap Sai adalah seperti; Pelinggih Ratu Penyarikan Pengadang Adang, Ratu Gede Mekele Lingsir, Widyadara-Widyadari, Pengayengan Ratu dalem Ped, Pura Beji, Lalu Melukat Di Beji yaitu dengan Tirta Bang(di pura ini ada 3 tirta yaitu; Tirta Bang, Tirta Putih dan Tirta Selem, tirta Putih terdapat di anda harus mendaki sedangkan tirta selem berada di Utama Mandala Pura), Pelinggih Ganesha (Sang Hyang Ganapati), Pelinggih Tri Upasadana (Dewi Sri, Dewi Saraswati, Dewi Laksmi), Lingga Yoni (memohon keturunan, menghaturkan 11 batang dupa), Ratu Hyang Bungkut, Baru memasuki utama mandala. Catatan, tidak boleh menghaturkan upakara mengandung unsur Babi.

     
  4. Goa peteng Pura Tunjung Mekar

    Berlokasi di Jimbaran kabupaten Badung. Akan melalui jalan kapur dan berbatu untuk sampai ke pura ini. pura terletak didalam goa sangat bagus untuk melakukan meditasi sekaligus berendam didalam air yang sangat bening dan bersih. Terdapat dua buah sumber air disebelah selatan sebagai simbol purasa dan pradana, di sumber air ini bukan untuk melukat, hanya untuk di tunas dibawa pulang, sedangakan sumber air di sebelah utara diperuntukkan untuk melakukan penglukatan. Dipercaya sumber air ini dapat menetralisir pengaruh negatif yang ada dalam tubuh. Bawalah satu Pejati dan beberapa tanding canang apabila ingin melukat ketempat ini, biarpun tidak ada keharusan. Didalam goa terdapat kelalawar dan ular piton yang dipercaya sebagai (duwe ida sesuhunan disana).

  5. Pura Taman Pecampuhan Sala

    Pura ini terletak di Desa Abuan,Kecamatan Susut kabupaten Bangli. Pura ini memberikan pengalaman religius sekaligus instagram banget (bawa kelengkapan biar bisa jepret di area basah). Karena selain beraura magis tinggi juga memiliki pemandangan yang menawan. sepeti Air terjun dalam hidden canyon. Ketika sudah sampai diparkiran kita menuju ke tempat ganti pakian, sudah disediakan oleh pemandu disana, bayar seiklasnya (dana punia). kita akan melukat di 12 titik. begini tahapannya. Atur piuning di pura taman, Mesiram di pecampuhan (pertemuan 2 aliran sungai), Gerojongan Pesiraman dedari (Aliran sungai sebelah kanan), Gerojogan Pasiraman Tan Hana (aliran sungai sebelah kiri), Melukat di Pancoran Tirta Bolakan, pancoran Tirta Taman, Tirta Pule (tirta untuk Pengobatan), Tirta Bungbung (tirta untuk kelancaran ekonomi), tirta Pandan (tirta untuk penolak bala), Tirta Tulakwali (tirta untuk keharmonisan keluarga), Tirta Utama (pengelukatan terakhir sebelum ganti pakian untuk sembhyang), Nunas tirta wangsuhpada, Muspa di Pura Taman. Siapkan mental spritual dan petualang kalian. Karena akan menyusuri sungai dan tebing. Tidak usah takut tersesat, akan ada pemandu untuk setiap kelompok. Datanglah pada hari suci, karena hari biasa jro mangku dan pecalang tidak ditempat. Ingat selalu membawa pejati dan canang.

  6. Pura pecampuhan windhu segara

    Berlokasi di pinggir pantai Padang Galak. Bawalah pejati minimal satu apabila akan melukat disini. dan kelapa muda kuning (bungkak nyuh gading), bawa juga beberapa tanding canang sari, karenamelukatnya lebih dari sekali dan banyak pelinggihnya juga. Berikut adalah deretan pengelukatan di Pura campuhan windhu segara; melukat di pemujaan Sanghyang Wisnu (pemedek akan dilukat oleh anak lingsir disana, yang dilanjutkan dilukat dengan kelapa muda kuning tadi), Melukat di pantai Padang Galak (tepatnya dipecampuhan antara air laut dan air sungai), penglukatan di Beji (di beji kalian akan dilukat dengan tirta Darmada, Tirta Dewi Gangga, dan Tirta Linggam lalu dilanjutkan sembahyang di nataran Beji).Setelah melukat selesai lanjut sembhyang ke nataran utama pura campuhan windhu segara (boleh pakian basah atau diganti), Lalu kalian juga bisa melakukan persembhyangan dipelinggih Kanjeng Ratu dan Ratu Niang.

     
  7. Taman Beji Griya Manuaba

    Pengluakatan ini lebih dikenal dengan nama Taman beji griya waterfall. karena terdapat dua air terjun di penglukatan ini. Selain daya tarik air terjunnya juga terdapat hidden canyon. Berlokasi di Punggul Abiansemal kabupaten Badung. Tempat melukat ini ada didalam. Tempat ini indah dan suka dikunjungi wisatawan karena  keindahan air terjunnya. bagi yang ingin melukat kesini siapkan pejati 3 dan canang sari minimal 12. tidak bayar tiket masuk. cuma bayar loker 10k.

     

itulah beberapa tempat melukat dibali yang selain untuk melukat juga bisa untuk bermeditasi. semoga semangat kalian semakin besar setelah melihat photo dan penjelasannya. saya yakin artikel ini pasti bermanfaat.