Wisata ke Pulau Menjangan

tutlencBlog - Seperti kita ketahui bahwa pulau Bali yang elok nan indah ini dikelelingi oleh beberapa pulau kecil yang juga tidak kalah menarik keindahannya dengan pulau dewata, sehingga keberadaan pulau ini juga menjadi tujuan kunjungan wisatawan yang sedang berada di Bali dan liburan di Bali. Sebelumnya dalam blog ini sudah kita kunjungi 3 pulau yang ada di sekitar pulau Bali yakni; Pulau Lembongan dan Ceningan, lalu Pulau Nusa Penida.
dan kali ini kita akan berwisata ke pulau kecil yang berada di sebelah barat pulau Bali. Yaitu Pulau menjangan.

Pura Menjangan Bali

Dimana Pura Menjangan?

Pura menjangan terletak di Pulau Menjangan kabupaten Buleleng.

Pulau Menjangan tidak seperti pulau-pulau kecil yang sebelumnya yang sudah kita bahas di blog ini. Pulau Menjangan adalah pulau yang tidak dihuni oleh manusia. Hanya ada sekumpulan Menjangan (kijang) di pulau ini. Pulau ini masuk ke kawasan yang dilindungi oleh pemerintah. Mengingat keberadaan hewan menjangan semakin menurun populasinya.


Apa saja yang bisa kita lakukan di pulau menjangan?

untuk kamu yang suka berlibur bisa mengunjungi objek diving di menjangan, yang menawarkan keindahan bawah laut yang sangat menawan. dengan batu karangnya yang berwarna warni, satwa lautnya yang beranekaragam, jerihnya air laut yang berwarna biru dan biru muda.
berikut adalah tempatnya:


  • Anchor wreck adalah tempak diving para profesional, disana kalian bisa melihat kapal-kapal lama yang disinyalir milik Belanda pada perang duni Ke II
  • Eel Garden, adalah tempat diving yang terletak di sebelah barat pulau Menjangan, dan tempat diving ini adalah tempat pavorit dan terbaik di pulau ini. kita akan banyak melihat Garden eel dan sea fans. apabila kita mencapai dikedalaman 40 meter maka kita akan melihat gorgonia dan biodata laut lainnya yang tentukan semakin bervariasi.
  • Screet bay, adalah tempat diving yang cukup dangkal dengan terumbu karangnya yang beragam.

Bagaimana mencapai pulau menjangan?

Untuk kamu yang ingin kemenjangan melalui pulau Bali, maka ada beberapa pilihan alternatif pelabuhan yang bisa kamu gunakan untuk menyeberangi lautan agar sampai di Pulau Menjangan.

  • Pelabuhan Lalang Menjangan, jarak tempuh dari pelabuhan ini sekitar 20 menit sampai di pulau menjangan. dan untuk bayar boatnya sekitar 550k. jadi semakin banyak yang diajak sharing biaya akan semakin murah.
  • Pelabuhan Banyuwedang, jarak tempuh dari pelabuhan ini sekitar 30menit sampai ke pulau menjangan. untuk sampai kepelabuhan ini tidak bisa menggunakan mobil, kalian harus menyewa ojek untuk masuk ke pelabuhan ini. harga boat hampir sama 550k-600k
  • Teluk Terima Beach. kemarin kita rame-rame ke pulau menjangan lewat penyeberangan ini. mobil bisa masuk sampai di parkiran tepat di dekat perahu penyeberangan. Waktu itu kita bayar 600k per boat. waktu tempuh 15-20 menit sampai di pulau menjangan.
Untuk kamu yang melakukan perjalanan spiritual ke Pulau menjangan, siapkan tenaga kamu untuk menyusuri pulau ini, terdapat 9 pura yang akan kita sembahyangi. Ingat jangan buang sampah sembarangan disini, karena di pulau ini tidak ada tukang bersih-bersihnya. Artinya clean yourself lah. jika bawa sampah terutama sampah plastik mohon dibawa kembali. setelah sampai di pulau menjangan maka kita akan melihat indahnya batu karang  berwarna putih yang ada dipesisir pulau ini, lalu setelah masuk kedalamnya akan ada sekumpulan hewan yaitu Menjangan (kijang atau rusa)

Pura-pura apa saja yang akan kita kunjungi di Pulau Menjangan?

  1. Pura Taman Pingit Klenting Sari
  2. Pesraman Agung Kebo Iwa (hyang brahma ireng)
  3. Pagoda Agung Dewi Kwan Im
  4. Pendopo Agung Dalem Gajah Mada (ida betara lingsir Wisnu Murti)
  5. Puncak Penataran Agung Pingit Klenting Sari (Ida Betara Lingsir Sanghyang Siwa pasupati)
  6. Ida Betara dalem Lingsir Waturenggong & Dalem Air Langga
  7. Ida Betara Hyang Ganesa
  8. Hyang Maha Suci Ibu Dewi Parwati
  9. Kuil Restiti Santhi Ratu Kanjeng Kidul
itulah kesembilan tempat yang akan kita sembahyangi apabila berkunjung ke Pulau Menjangan.
Setiap pura memiliki ke khasan dan tata caranya sendiri, dan beberapa tempat persebahyangan memiliki mantra tersendiri yang kita lantunkan saat melakukan persembahyangan.
 

Tatacara dan alur persembahyangan di Pulau Menjangan

adapaun beberapa mantra dan tatacara yang berbeda dari pura-pura yang ada di bali adalah sebagai berikut.
  1. setelah selesai sembahyang di Pesraman Agung kebo Iwa, maka kita akan dioleskan di kening kita berupa serbuk yang berwarna hitam ke abuan. dan mendapatkan gelang tridatu.
  2. saat melakukan persebahyangan di pagoda agung Dewi Kwan Im, kita tidak melakukan panca sembah, hanya membawa sebatang dupa yang diposisikan seperti umat buda saat sembahyang, lalu bersama-sama melafalkan sebuah mantra "namasiwaya amitabha" sebanyak 3x. Lalu dupanya kita kumpulkan dan diberikan kepada jero mangku disana.
  3. saat melakukan persembhyangan di Pendopo agung dalem Gajah Mada setelah selesai melakukan persembahyangan maka kita akan mendapat gelang berwarna merah putih, lalu kita akan masuk ke dalam sebuah gedong untuk melakukan sungkeman.
  4. Saat melakukan persembahyangan di Pelinggih Ida Betara Hyang Ganesa, setelah selesai melakukan panca sembah maka kita akan melantunkan sebuah mantra "Om maha ganesha ya Nama Swaha" sebanyak 11x, lalu dilanjutkan dengan sungkem di depan patung Ganesha, sambil memohon kepada beliau.
  5. Setelah melakukan persembahyangan panca sembah di Kuil Restiti Santhi Ratu Kanjeng Kidul kita akan melafalkan sebuah mantra "Om Puji Ratu Kanjeng Ya Nama Swaha" sebanyak 9x
Untuk kamu yang peka terhadap energi yang ada disekitarmu, dibeberapa pura yang ada di pulau Menjangan ini akan menjadi sebuah kenangan yang indah buat kamu merasakan sentuhan energi dan vibrasi spiritualnya.
itulah beberapa perbedaan tata cara persembahyangan yang kita lakukan saat di beberapa pura di Pulau Menjangan.
Sekian ulasan bermanfaat ini saya tuliskan, agar bisa menjadi pengetahuan dasar sebelum melakukan wisata ke pulau Menjangan.