menggunakan google map sebagai guide handalanmu

haloo sahabat berbagi itu indah
mungkin bagi kamu yang udah biasa menggunakan google map sebagai senjata handalan saat mencari tujuan lokasi mu, sudah tidak asing lagi menggunakan google map secara fasih.
Tapi untuk kamu yang belum begitu tahu cara menggunakan aplikasi milik mbah google ini, kali ini aku coba bikinkan panduannya.
oke sahabat, mari kita belajar step by step how to use google map

  1.  buka aplikasi google map di hp mu, (jaman sekarang pasti hp udah isi aplikasi ini dari pabriknya "yang memakai andoid") lalu ketikkan tujuan lokasi yang ingin kamu kunjungi
  2. misalnya dalam panduan ini aku rencana ingin pergi ke hidden canyon beji guwang. klik saja nama lokasi yang sesuai dengan maksdmu
  3. setelah kamu klik, maka akan muncul seperti gambar dibawah. disana akan ada pilihan petunjuk arah, yangmana apabila kamu klik akan menunjukkan jalan yang bisa kamu lalui untuk mencapai lokasi tujuanmu dengan cara kamu melihat pergerakan titik posisimu mengikuti jalur biru yang sudah diberikan oleh map. mulai yang berfungsi memberikan panduan penunjuk arah dengan panduan suara, hal ini bisa kamu lakukan dengan cara loudspeker ataupun menggunakan headset aku recomend nih, lebih nyaman saat berkendara dibandingkan dengan cara melihat map. biasanya dengan menggunakan panduan suara setiap beberapa meter akan ada pemberi tahuan, dengarkan panduannya lagi berapa meternya, jangan baru ada suara kamu langsung belok di persimpangan di depanmu "pengalaman pribadi 😅😅😅" panduannya enggak menggunakan arah mata angin, tapi belok kiri, belok kanan, lurus atau putar balik. bagikan adalah berguna apabila kamu ingin membagikan lokasi tersebut kepada sahabatmu atau kamu bagikan di medsos dengan cara mengcopy-paste link alamat tersebut.
  4. lalu apabila kamu klik di area nama lokasi akan muncul pilihan sebagai berikut. apa saja fungsinya. petunjuk arah sama seperti penjelasan diatas. simpan berfungsi apabila kamu ingin mengunjungi lagi lokasi tersebut, atau kamu hanya ingin menyimpan lokasi tersebut di list yang ingin kamu kungjungi. ini sangat berguna ketika misalnya temanmu mengirimkan lokasinya yang tidak terdaftar di google map, kamu bisa menggunakan fiture ini. misalnya kamu mau simpan sebagai tempat favorit, ingin dikunjungi atau tempat berbintang. bagikan tempat sama seperti tombol bagikan di penjelasan diatas fungsinya. situs adalah berfungsi apabila lokasi tersebut memiliki situs yang menjelaskan lebih detail tentangnya. dihalaman ini jika kamu geser kebawah maka akan ada keterangan mengenai lokasi tersebut, alamtnya, nomor hp yang bisa dihubungi, situsnya (bila ada), saranan edit (bila kamu merasa ada yang tidak sesuai dengan ketengan tempat tersebut), jam buka (jadinya kamu gak rugi datang kalau kamu sudah tahu jam buka/tutp serta libur), tanya jawab adalah tempat dimana kamu bisa menanyakan apa saja yang menjadi kendala saat ingin mengetahui lokasi tersebut.
  5. ketika kamu klik penunjuk arah maka akan muncul seperti ini. disini kamu akan dihadapkan pada pilihan akses apa yang kamu harapkan. disini sering terjadi kekeliruan pengguna map. mereka memilih akses sepeda motor saat menggunakan mobil, maka yang terjadi adalah mereka akan terjebak di jalan yang kecil. nah untuk kamu yang suka bertualang menggunakan sepeda motor tapi ingin ada tantangan, coba sekali-kali pilih logo pejalan kaki, rasakan jalanan yang kadang menantang.
  6. ini nih ada fiture tambahan dari google map, yanitu mencari tumpangan. dengan meng-klik tombol ini maka kamu akan disarankan menggunakan aplikasi gojek and grab sudah langsung tertera juga ongkosnya disana guest. tapi untuk melakukan pemesanan tentunya kamu terlebih dahulu harus punya aplikasi grab and gojek.
cukup sekian aku bagikan apa yang aku tahu tentang google map yang sangat membantu aku saat memenuhi hobiku bertualang baik di indonesia maupun di luar negeri. semoga tulisan ada yang terbantu.